9 Cara Merawat Gigi pada Bayi dan Anak yang Harus di PERHATIKAN

9 Cara Merawat Gigi pada Bayi dan Anak yang Harus di PERHATIKAN - Selamat Sejahtera Untuk Sahabat, Pada saat ini anda telah memebaca sebuah artikel yang berjudul 9 Cara Merawat Gigi pada Bayi dan Anak yang Harus di PERHATIKAN, Kami telah mendapatkan informasi yang sangat penting dan asli untuk memberikan sebuah informasi ini kepada anda, Semoga isi postingan Artikel Kesehatan, yang telah kami tulis dibawah sini dapat anda pahami. baiklah, Silahkan Dibaca.

Judul : 9 Cara Merawat Gigi pada Bayi dan Anak yang Harus di PERHATIKAN
link : 9 Cara Merawat Gigi pada Bayi dan Anak yang Harus di PERHATIKAN

Baca juga


9 Cara Merawat Gigi pada Bayi dan Anak yang Harus di PERHATIKAN

Berikut Cara Merawat Gigi Anak Bayi. Silahkan disimak!

Merawat gigi bayi / anak, betapa senangnya ketika anda menyaksikan ujung gigi susu pertama muncul pada bayi anda. Mungkin, bagi anda yang saat ini memiliki bayi pasti akan menghitung satu per satu gigi yang tumbuh pada bayi anda sampai anda sendiri tak sadar gigi bayi sudah lengkap. Tentu, bagi anda sendiri tidak mau bahwa gigi bayi anda rusak dan di masa remajanya tidak memiliki gigi. Riset menunjukkan, gigi yang sudah rusak atau membusuk jika dibiarkan terus menerus akan membuat gigi ngilu, namun di sisi lain riset mengatakan, pencabutan gigi yang membusuk atau rusak rasanya sangat sakit. Nah, mungkin bagi anda para orang tua yang ingin melihat gigi dari bayi anda sehat selalu tanpa ada satupun kerusakan, berikut akan saya berikan anda cara–caranya.

Cara Yang Benar Merawat Gigi Bagi Sang Buah Hati

1. Kurangi Minuman Dan Makanan Yang Manis
Disini, faktor pertama yang bisa membuat gigi bayi anda membusuk atau rusak yaitu seringnya anda memberikan minuman atau makanan yang manis. Memang, anak – anak lebih menyukai makanan atau minuman yang manis, namun anda sebagai orang tua juga harus membatasinya.

2. Minum Dengan Gelas
Setelah ASI, coba perkenalkan langsung bayi anda dengan gelas, bukan botol susu. Minuman yang mengandung gula jika diberikan pada botol akan menetes secara konstan pada gigi dan dalam waktu yang panjang, berbeda halnya jika anda berikan melalui gelas ataupun sendok yang mungkin akan diteguk langsung oleh bayi anda.

3. Buatlah Jadwal Makan Yang Teratur
Balita yang aktif membutuhkan asupan makan yang banyak, namun banyak disini yaitu anda jangan sediakan terlalu banyak. Mungkin anda harus membuat jadwal makan untuk sang buah hati anda.

4. Berikan Cemilan Yang Sehat Untuk Bayi Anda
Kadang, banyak orang tua yang memberikan cemilan asal – asalan kepada bayinya tanpa memperhatikan apakah dalam cemilan tersebut mengandung kandungan gula yang banyak atau tidak. Mungkin mulai sekarang anda para orang tua harus memperhatikan cemilan apa yang hendak anda beri kepada anak anda.

5. Memeriksa dan membersihkan gigi bayi
Begitu gigi bayi tumbuh, bersihkan giginya setidaknya sekali sehari dengan kain yang bersih dan lembut atau sikat gigi bayi. Waktu terbaik untuk membersihkan gigi bayi adalah sebelum tidur. Jika terlihat bintik-bintik atau noda pada gigi bayi, segera periksakan ke dokter sebelum terlambat dan gigi bayi rusak.

6. Melindungi gigi bayi dengan fluoride
Fluoride umumnya hadir dalam air minum yang dapat melindungi gigi dari kerusakan dan membantu menyembuhkan kerusakan dini. Tanyakan pada dokter gigi atau dokter anak apakah air yang Anda konsumsi mengandung fluoride. Dokter mungkin juga akan meresepkan tetes fluoride untuk bayi.

7. Memeriksakan kondisi anak ke dokter gigi
Periksakan gigi anak ke dokter gigi mulai dari usia satu tahun untuk mendeteksi kerusakan gigi sejak dini. Membiasakan anak akrab dengan dokter gigi sejak kecil juga dapat membuat anak tidak takut untuk memeriksakan kondisi giginya hingga dewasa kelak.

8. Mencegah kerusakan gigi bayi karena botol susu
Jangan membiarkan anak tidur pada malam atau siang hari dengan kondisi menghisap susu dari botol karena dapat merusak gigi. Jika anak tidak bisa tidur tanpa menghisap botol susu, isilah botolnya hanya dengan air putih saja.

9. Memberikan makanan bayi yang sehat
Pilih makanan yang tidak memiliki banyak gula di dalamnya. Berikan anak Anda buah-buahan dan sayuran, hindarilah memberikan permen dan coklat.

Semoga artikel tentang Cara Merawat Gigi Anak Bayi ini bermanfaat!

Baca juga



0 Response to "9 Cara Merawat Gigi pada Bayi dan Anak yang Harus di PERHATIKAN"