Pengertian Internet dan Sejarah Internet

Pengertian Internet dan Sejarah Internet - Selamat Sejahtera Untuk Sahabat, Pada saat ini anda telah memebaca sebuah artikel yang berjudul Pengertian Internet dan Sejarah Internet, Kami telah mendapatkan informasi yang sangat penting dan asli untuk memberikan sebuah informasi ini kepada anda, Semoga isi postingan Artikel Tips dan Trik, Artikel Trik Internet, yang telah kami tulis dibawah sini dapat anda pahami. baiklah, Silahkan Dibaca.

Judul : Pengertian Internet dan Sejarah Internet
link : Pengertian Internet dan Sejarah Internet

Baca juga


Pengertian Internet dan Sejarah Internet

Berikut Pengertian Internet dan Sejarah Internet. Hampir semua orang di dunia sudah mengenal apa yang dimaksud dengan internet dan apa definisi dari internet tersebut. Internet sekarang seperti kebutuhan pokok manusia, karena apa? hampir setiap orang yang ada didunia rata-rata adalah pengguna internet, apalagi anak muda jaman sekarang. Dengan semakin canggihnya teknologi jaman sekarang internet sangat bersifat penting untuk membantu popularitas teknologi tersebut. Misalkan saja Handphone canggih yang menawarkan keunggulan fitur-fiturnya dan support koneksi Internet yang super cepat maka konsumen akan melirik hp yang ditawarkan tersebut. Oleh karena itu disini mazinu akan memberikan pengertian internet itu apa? mungkin sekilas kita gambarannya tahu apa itu internet dan apa manfaat dari internet tapi alangkah baiknya kalian lebih tahu definisinya internet secara mendetail dibawah ini.


Pengertian Internet 1
Menurut Wikipedia Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yg saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sbagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yg terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dngan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").

Pengertian Internet 2
Menurut Drew Heywood (1996) : Standar yg mampu menghubungkan segala jenis komputer di United States Department of Defense (DoD) dngan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian & ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman & tahan dari berbagai kerusakan sehingga bisa beroperasi di dlam kondisi minimum akibat bencana ataupun perang.

Pengertian Internet 3
Menurut Lani Sidharta (1996) : Walaupun scara fisik internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer, namun scara umum Internet harus dipandang sbagai sumber daya informasi. Isi Internet adalah sebuah informasi, bisa dibayangkan sbagai suatu database ataupun perpustakaan multimedia yg sangat lengkap. Bahkan Internet dipandang sbagai dunia dlam bentuk lain (atau biasa kita sebut maya) krna hampir semua aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet seperti bisnis, hiburan, olahraga, politik & lain-lain.

Dari ketiga pengertian internet diatas kita bisa ambil definisinya saja yg mana yg dpat kalian simpulkan. Tapi jika kalian ingin menggunakan jawaban salah satu dari ketiga pengertian diatas itu tidak masalah. Nah sekarang Bagaimana sejarah internet itu? Silahkan disimak!




Sejarah Internet
Sejarah dari Internet yg dituliskan di Wikipedia : Internet merupakan jaringan komputer yg dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yg disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dngan hardware & software komputer yg berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dlam jarak yg tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dpat dipindahkan, & akhirnya semua standar yg mereka tentukan mnjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yg sekarang dikenal sbagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yg tersebar dngan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir & untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yg apabila terjadi perang dpat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, & scara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kmudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, & semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer & "ARPANET" baru yg lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dngan nama DARPA Internet, yg kmudian disederhanakan mnjadi Internet.

Okeh, itulah artikel tentang Pengertian Internet dan Sejarah Internet yang bisa mazinu postingkan. Semoga bisa menambahkan ilmu pengetahuan bagi kalian.

Baca juga



0 Response to "Pengertian Internet dan Sejarah Internet"