Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Terbaik 2016

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Terbaik 2016 - Selamat Sejahtera Untuk Sahabat, Pada saat ini anda telah memebaca sebuah artikel yang berjudul Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Terbaik 2016, Kami telah mendapatkan informasi yang sangat penting dan asli untuk memberikan sebuah informasi ini kepada anda, Semoga isi postingan Artikel Contoh, yang telah kami tulis dibawah sini dapat anda pahami. baiklah, Silahkan Dibaca.

Judul : Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Terbaik 2016
link : Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Terbaik 2016

Baca juga


Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Terbaik 2016

Membuat Surat Lamaran Kerja merupakan suatu hal yang wajar dilakukan oleh para pencari suatu pekerjaan, untuk itu saya akan membahas bagaimana cara membuat surat lamaran kerja. Banyak sekali mahasiswa ataupun seseorang yang lulusan SMA/SMK atau bahkan SMP yang ingin melamar suatu pekerjaan. Pekerjaan memang sesuatu yang harus didapatkan oleh seseorang yang menginjak usia dewasa agar kelak saat sudah menikah bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan. Surat lamaran kerja itu banyak macamnya, tergantung dimana surat lamaran tersebut dituju. Misalnya saja ingin mengajukan permohonan surat lamaran kerja ke suatu perusahaan, maka sebaiknya harus cocok dengan perusahaan tersebut bergerak dibidang apa, jangan sampai tidak cocok dengan perusahaan yang sedang dibutuhkan.


Seseorang yang ingin mencari suatu pekerjaan pasti mencari suatu pekerjaan dari berbagai macam media, mulai dari koran, majalah, siaran radio, siaran pertelevisian, dan masih banyak lagi. Kalau saya pribadi lebih cenderung mencari lowongan kerja di group facebook lowongan kerja di daerah saya ataupun di kantor pos di kota saya yaitu kediri.

Untuk update setiap hari lowongan kerja di facebook bisa join di grup-grup lowongan kerja yang anda inginkan, bisa anda cari di pencarian facebook dengan format pencarian khusus grup kemudian silahkan anda gabung dan tunggu adminnya mengkonfirmasi anda untuk gabung di grup lowongan kerja tersebut.

Untuk info lowongan kerja di internet gimana? Jangan mudah percaya dengan informasi di dunia maya karena tidak semua informasi lowongan kerja di dunia maya itu benar, jadi intinya anda harus benar-benar pintar dalam memilih suatu pekerjaan jangan sampai tertipu oleh iming-iming gaji yang besar dan posisi yang enak.

Surat Lamaran Kerja yang Benar memang harus ditulis dengan baik dan rapi tentunya, lantas bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan tersebut? Berikut akan saya berikan salah satu contoh penulisannya yang baik dan benar.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Menulis surat lamaran kerja memang banyak sekali cara yang digunakan, mulai bahasa penulisan, gaya tulisan, kerapian penulisan, serta tataletaknya. Untuk itu anda harus pintar dalam pembuatan surat lamaran. Berdasarkan pengalaman saya saat melamar suatu pekerjaan dengan surat lamaran pekerjaan buatan saya, saya menggunakan awalan salam dan akhiran salam menggunakan bahasa arab, dan alkhamdulillah pimpinan perusahaan yang saya tuju tersebut suka dengan surat lamaran yang saya buat. Ini nyata dan serius! karena pada saat itu pimpinan perusahaan yang saya tuju ternyata adalah seorang kyai (alumni pondok lirboyo) mencari karyawan yang benar-benar baik dan sesuai yang beliau inginkan. Dan sampai sekarang saya masih bekerja disitu.

Sebelumnya anda harus tahu dulu struktur penulisan surat lamaran kerja adalah seperti ini :
  • Tempat dan tanggal penulisan
  • Perusahaan yang ditujukan
  • Salam hormat
  • Kata pengantar
  • Biodata pribadi
  • Pengalaman kerja dan skill (sertifikat / piagam, dll)
  • Harapan
  • Penutup

Saya juga berikan beberapa tips saat membuat surat lamaran pekerjaan :
  1. Gunakan bahasa yang baik, santun dan benar.
  2. Penulisan harus bagus dan rapi, formatnya perhatikan terutama jarak kiri-kanan penulisannya.
  3. Tulislah surat lamaran kerja anda secara manual, JANGAN KETIKAN! sebab sifat seseorang terkadang bisa dibaca berdasarkan cara penulisan.
  4. Sesuaikan data-data anda dengan yang diminta perusahaan tersebut.
  5. Lampirkanlah surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja, dsb.

Berikut akan saya berikan contoh surat lamaran kerja yang bisa anda jadikan referensi.

Kediri, 13 September 2014
Kpd Yth :
PT. HARAPAN MANDIRI
Jl. Panglima Sudirman No. 18 E - Kota Kediri

Perihal : Lamaran kerja

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Terpadu perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                          : Muhammad Fatkhur Rosyid
Tempat/Tanggal Lahir : Kediri, 14 Agustus 1993
Jenis Kelamin              : Laki-laki
Pendidikan                  : SMK Budi Utomo Kediri
Alamat                        : Jl. Flambotan RT.01 RW.02 Turus - Gurah
Telepon                       : 081222567134

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :
  1. Foto copy KTP
  2. Pas Photo.
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Foto copy Sertifikat PKL
  5. Foto copy Sertifikat Competensi
  6. Foto copy Ijazah Terakhir

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terimakasih.

Hormat saya,


Muhammad Fatkhur Rosyid

PENTING : Banyak sekali lowongan kerja yang dipampang dipinggiran jalan atau dipostingkan di internet. Hati-hati jika anda akan melamar suatu pekerjaan, jika sekiranya mencurigaan kalau itu penipuan silahkan lepaskan saja dan cari yang lain!

Berdasarkan satu contoh surat lamaran kerja diatas saya rasa sudah cukup untuk anda yang sedang ingin membuatnya. Bagi anda yang ingin melihat banyak contoh surat lamaran bisa baca artikel sebelumnya tentang contoh surat lamaran kerja. Setelah itu pasti anda membutuhkan contoh penulisan daftar riwayat hidup, silahkan baca : contoh daftar riwayat hidup. Semoga bermanfaat dan semoga anda bisa diterima di perusahaan yang sedang anda tuju.

Baca juga