15 Cara Agar Cepat Tidur (Mengatasi Insomnia)

15 Cara Agar Cepat Tidur (Mengatasi Insomnia) - Selamat Sejahtera Untuk Sahabat, Pada saat ini anda telah memebaca sebuah artikel yang berjudul 15 Cara Agar Cepat Tidur (Mengatasi Insomnia), Kami telah mendapatkan informasi yang sangat penting dan asli untuk memberikan sebuah informasi ini kepada anda, Semoga isi postingan Artikel Kesehatan, yang telah kami tulis dibawah sini dapat anda pahami. baiklah, Silahkan Dibaca.

Judul : 15 Cara Agar Cepat Tidur (Mengatasi Insomnia)
link : 15 Cara Agar Cepat Tidur (Mengatasi Insomnia)

Baca juga


15 Cara Agar Cepat Tidur (Mengatasi Insomnia)

Berikut mazinu akan share kepada kalian mengenai Cara Agar Cepat Tidur (Mengatasi Insomnia) Silahkan disimak :

1. Berdo'a Sebelum Tidur
Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum tidur adalah berdoa. Karena dengan kalian berdoa dahulu maka hati kalian akan tenang dan tidurpun jadi nyenyak dan nyaman karena dilindungi oleh tuhan YME.

2. Hindari Cahaya Saat Tidur
Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin. Cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya, & tidak adanya cahaya akan mendorong proses produksinya.

3. Hindari Untuk Terus Melihat Ke Arah Jam Kalian
Bila Kalian terus-terusan melirik ke arah jam saat larut malam, tidur Kalian akan tersiksa. Kalian akan terus menerus merasa khawatir dengan sisa waktu tidur sebelum hari sibuk Kalian yang lain dimulai. Jika Kalian salah satu dari orang tersebut, maka Kalian harus menempatkan jam di dalam laci, bawah tempat tidur, atau putar ke arah yang bertentangan dengan jarak pkalianng Kalian.

4. Hindari Kafein 9 Jam Sebelum Tidur 15 Tips Cara Mengatasi Insomnia Agar Tidur Cepat
Kopi di pagi hari bagus untuk sebagian orang. Namun saat menjelang waktu tidur, Kalian perlu menghindari untuk mengonsumsi makanan & minuman yang mengandung kafein. Kurangi juga dalam mengonsumsi coklat, cola, teh ataupun kopi tanpa kafein sekalipun.

5. Atur Jadwal Tidur
Aturlah agar jadwal pergi & bangun tidur Kalian sama di setiap harinya, termasuk juga akhir pekan. Rutinitas ini akan membuat tubuh & otak Kalian tetap pada siklus bangun & pergi tidur yang sehat. Pada waktunya, Kalian akan dapat jatuh tertidur dengan nyenyak sepanjang malam. Jadi Dapatkan cahaya yang terang selama 5 sampai 30 menit segera mungkin setelah Kalian bangun tidur. Cahaya adalah regulator terkuat untuk membangunkan Kalian dari tidur.

6. Olahraga Teratur
Olahraga teratur telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, selama Kalian melakukannya tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Energo yang Kalian dapatkan setelah olahraga dapat membuat Kalian tetap terjaga. Beri jarak antara Kalian selesai berolahraga dengan waktu tidur antara 3-4 jam.
Tips: olahraga atau latihan ringan seperti yoga, tai chi, & latihan-latihan serupa boleh dilakukan sebelum tidur.

7. Menetralisir Suara
Tetesan keran, anjing menggonggong, suara kendaraan akan menghilangkan sebagian besar waktu tidur Kalian.
Tips: Lawanlah suara tersebut dengan suara yang lebih teratur & tenang, seperti suara fan, AC, atau suara menenangkan lainnya. Kalian juga bisa menggunakan sumbat telinga (ear plugs) untuk mengatasinya.

8. Jangan Merokok
Nikotin juga merupakan sebuah stimulan, sama halnya dengan kafein. Nikotin akan membuat Kalian semakin terjaga & dapat memperburuk insomnia.
Tips: Untuk mempermudah rencana berhenti merokok Kalian, Kalian akan tidur sedikit lebih baik jika Kalian merokok lebih sedikit dari biasanya & telah berhenti melakukannya selama paling tidak empat jam sebelum Kalian pergi tidur.

9. Jauhkan Binatang Peliharaan dari Tempat Tidur Kalian
Gerakan anjing & kucing peliharaan Kalian akan mencegah Kalian mendapat tidur nyenyak seperti yang diinginkan. Mereka juga dapat membawa kutu, debu, bulu, & pemicu alergi lainnya ke tempat tidur Kalian.
Tips: Konsultasikan kepada dokter hewan ataupun kepada pelatih binatang, bagaimana cara membuat peliharaan Kalian tetap senang & mau tidur di tempatnya sendiri.

10. Relaksasikan Pikiran Kalian Sebelum Tidur
Redakan emosi & juga pikiran Kalian sekitar satu jam sebelum tidur. Bacalah sesuatu yang ringan, mendengarkan musik, atau mandi air hangat untuk menenangkan pikiran Kalian.
Tips: Ritual ini juga dapat dilakukan 10 menit sebelum tidur ketika waktu tidur Kalian semakin sempit.

11. Gunakan Bantal Untuk Meringankan Nyeri Punggung
Nyeri punggung ringan mungkin tidak akan membangunkan tidur, tetapi akan sangat mengganggu tidur nyenyak Kalian. Solusi yang mudah adalah dengan meletakkan sebuah bantal kecil di antara kedua kaki Kalian saat tidur menyamping, gunanya untuk menyejajarkan pinggul & mengurangi nyeri di bagian punggung.
Tips: Saat tidur telentang, letakkan bantal kecil di bawah kedua lutut Kalian untuk mengurangi nyeri punggung saat malam hari.

12. Tempatkan Leher di Posisi yang Netral
Jika Kalian bangun tidur dengan leher kaku, salahkan bantal Kalian. Terkadang Kalian menggunakan bantal yang terlalu tebal atau yang terlalu tipis. Bantal Kalian harus berukuran tepat untuk mendukung leher Kalian dalam posisi netral. Untuk tidur menyamping, hidung Kalian harus sejajar denganpusattubuh Kalian. Hindari tidur dengan posisi telungkup, karena justru akan melilitkan leher Kalian.

13. Bersihkan Tempat Tidur Secara Teratur
Alergi yang dapat menyebabkan bersin-bersin, pilek, ataupun gatal-gatal dapat menyebabkan tidur Kalian terganggu, & hal itu mungkin dikarenakan tempat tidur Kalian yang seiring dengan waktu akan dipenuhi dengan debu, kutu & segala macam penyebab alergi lainnya. Bersihkanlah tempat tidur Kalian dalam jangka waktu tertentu secara teratur.

14. Segera Konsultasi ke Dokter
Ketika tingkat keparahan insomnia Kalian masih tergolong rendah, maka Kalian masih bisa mengatasinya dengan tips-tips tersebut. Tetapi jika selama sebulan insomnia Kalian masih saja tidak kunjung sembuh, sudah saatnya untuk memeriksakan diri Kalian & mengetahui apa yang terjadi pada tubuh Kalian. Insomnia bisa jadi hanyalah sebuah gejala terhadap suatu penyakit yang lebih serius. Insomnia yang kronik perlu adanya evaluasi dari dokter setempat.

15. Gunakan Obat Tidur Sesuai Resep Dokter
Kalian mungkin akan tergoda untuk menggunakan obat tidur ketika rasa kantuk Kalian belum juga datang di tengah malam, tapi hati-hatilah dalam menggunakannya. Obat tidur dapat membuat Kalian kecanduan & memiliki efek samping yang mengganggu. Idealnya, obat tidur digunakan dalam jangka waktu yang pendek, bukan untuk menjadi gaya hidup sehari-hari.

Semoga 15 Cara Agar Cepat Tidur - Mengatasi Insomnia ini bermanfaat.

Baca juga



2 Responses to "15 Cara Agar Cepat Tidur (Mengatasi Insomnia)"

Unknown said...

saya setuju untuk jadwal tidur sebab saya mengalami sendiri ketika ingin interneten midnight maka saya jadwalkan tidur dari dajm 7 sampai 12 bis itu sampai pagi internetan. makasih untuk tipsnya gan

Anonymous said...

Bagus artikelnya CTRL+D dulu soalnya saya susah tidur hehe, Nice posting