Cara Mengobati Ayam yang Sakit Secara Tradisional

Cara Mengobati Ayam yang Sakit Secara Tradisional - Selamat Sejahtera Untuk Sahabat, Pada saat ini anda telah memebaca sebuah artikel yang berjudul Cara Mengobati Ayam yang Sakit Secara Tradisional, Kami telah mendapatkan informasi yang sangat penting dan asli untuk memberikan sebuah informasi ini kepada anda, Semoga isi postingan Artikel Kesehatan Hewan, yang telah kami tulis dibawah sini dapat anda pahami. baiklah, Silahkan Dibaca.

Judul : Cara Mengobati Ayam yang Sakit Secara Tradisional
link : Cara Mengobati Ayam yang Sakit Secara Tradisional

Baca juga


Cara Mengobati Ayam yang Sakit Secara Tradisional

Cara Mengobati Ayam dengan cara yang alami dan tradisional memang lebih bagus dibandingkan dengan obat kimia. Ayam yang sakit perlu dirawat yang bagus dan juga obat yang sesuai dengan penyakitnya. Kita harus bisa memilih obat tradisional yang cocok dengan penyakit yang diderita oleh ayam.

Pengobatan Ayam yang Sakit harus dikenali sejak ayam tersebut mulai sudah kelihatan sakit, tujuannya agar ayam tersebut penyakitnya tidak semakin parah. Banyak sekali faktor penyebab ayam jatuh sakit, mungkin karena tidak cocok dengan cuaca, makanan atau karena seringnya di adu.

Ayam sendiri mempunyai banyak macam jenisnya di Indonesia terutama di jawa. Diantaranya jenis ayam tersebut adalah Ayam Cemani, Bekisar (hibrida interspesifik), ayam Sumatra, Kedu (standardisasi nasional), Pelung, Ayam Ketawa (jenis asli dari Rappang, Sulawesi Selatan), Bali (ayam tanpa bulu leher). Adapun jenis penyakit ayam bisa anda baca : Jenis-jenis penyakit pada ayam.

ayam yang sakit

Cara Mengobati Ayam yang Sakit Secara Tradisional paling Ampuh

Banyak sekali pertanyaan dari para pecinta ayam tentang Bagaimana cara mengobati ayam secara tradisional dengan ramuan herbal yang tentunya menjadi obat alami bagi ayam. Berikut adalah obat yang cocok untuk ayam anda yang sedang sakit :
  1. AYAM TEDUN,BUATKAN LUBANG LALU ISI AIR,RENDAM KAKI AYAM TIAP HARI.
  2. AYAM BUBUL,KAKI DIBERSIHKAN DULU/DISIKAT,HABIS ITU DIOLESI KAPUR CAMPUR KUNYIT.
  3. AYAM MANIK,SETIAP MALAM DIKASIH MADU ASLI.
  4. AYAM KURAPAN,OLESKAN BELIRANG ATAU PACE/KUDU.
  5. AYAM KURAP DI KAKI,SIKAT PAKAI MINYAK TANAH,KEMUDIAN OLESKAN KAPUR+KUNYIT.
  6. AYAM LUMPUH,DIBOBOKI DAUN KEMANGI DICAMPUR RAGI TAPE.
  7. AYAM NGEMIL,DIOLESI KUNYIT+KAPUR.
  8. AYAM KENA JALU,BERSIHKAN DGN AIR GARAM ATAU AIR SIRIH HANGAT,VETSIN/MICIN JUGA BISA,ATAU BUBUK ARANG.
  9. AYAM PATUK LEPAS,OLESKAN BLIMBING WULUH,BAWANG PUTIH ATAU MENTEGA.
  10. AYAM NGURAK,SETIAP PAGI MANDIKAN DGN AIR BERAS+BAWANG MERAH.
  11. AYAM TIDAK KUAT NAPAS,SEBELUM TARUNG 3 HARI,DIMAKANKAN TELUR+LAOS YG DIJEMUR.
  12. AYAM BANTAT,MAKANKAN TEMUKUNCI YG DIBAKAR.
  13. AYAM NGOROK,DIKOROKI DGN MINYAK TANAH.
  14. MEMENDEKKAN JALU,PISANG PANAS DITUSUKKAN KE JALU,KIRA2 20 DETIK LALU MULAI DIBENTUK ATAU LILIN MENYALA UTK MEMANASKAN JALU,HINGGA CEMPURINYA MASUK AGAR TDK BERDARAH!
  15. MATA AYAM KEPUKUL,DITETESI AIR LOMBOK ATAU AIR SIRIH.
  16. AYAM MENCRET/KOTORAN GAK KERAS,MALAM DIMINUMKAN AIR KUNYIT.

Pertanyaan Pengobatan Ayam yang Sakit
Para pecinta ayam, pasti akan memperhatikan betul masalah kesehatan ayamnya sehingga anda betul-betul ingin tahu cara mengobati ayam ini. Sangat disayangkan dan kasihan ketika ayam sakit dan dibiarkan begitu saja. Barikut akan saya berikan juga pertanyaan yang sering muncul tentang ayam yang sakit.

Kalau ayam turun urat gimana cara ngobatin nya?
Turun urat biasanya terjadi pada ayam muda yg terlalu dipaksakan durasi tarungnya, atau bisa pula pada ayam yg kondisinya kurang sehat setelah menjalani porsi latihan yg berat kemudian tetap dipaksakan tarung. Untuk mengobati ayam turun urat tersebut, biasanya dapat diobati dg memberi obat khusus turun urat merk Formula,dosis dapat dilihat ditabel. Obat ini dapat dibeli di poultry unggas/pet shoop. atau maz bro juga bisa memberikan obat Megatic (obat rematik utk manusia,bisa didapat di apotik) dgn dosis setengah tablet 2 hari sekali.biasanya 2-3 x pemberian obat,bengkak pada kaki ayam kempes dan ayam akan dapat kembali berjalan normal.

Sbagai tambahan pengobatan alternatif dapat dilakukan langkah tradisional berikut:
Setiap hari (sesering mungkin) kaki ayam yang turun urat diperban/dibungkus dgn kain dg menempelkan daun serai yang ditumbuk halus. Diusahakan agar kaki ayam bisa menginjak tanah (di bungkus seperti merawat orang patah tulang). Di saat akan mengganti daun Serai, sebaiknya kaki ayam di rendam dgn air dingin/air es beberapa menit, kemudian dibungkus lagi seperti semula.

Ayam saya ada yang lagi mabung, Itu gimana cara perawatan nya supaya cepat beres mabungnya mas ???
Adapun cara merawat ayam yang ngurak / mabung / ganti bulu dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Memastikan bahwa ayam telah memasuki periode ganti bulu, dgn cara melihat kandang ayam tersebut ada atau tidaknya beberapa helai bulu yg rontok utuh (bukan patahan). Apabila kondisi ini rontok bulu berlangsung terus selama seminggu dipastikan bahwa ayam memasuki periode ganti bulu.

2. Segera lakukan pencabutan bulu yg telah mati, misalnya bulu yg patah & di pangkal bulu berwarna putih (tdk berwarna gelap yg menandakan bulu msh aktif).

3. Pemberian makan voor (bisa 592 atau 594 dicampur dgn nasi utk mempercepat perontokan bulu yg tua).

4. Penempatan ayam di kandang yg gelap & teduh, namun tidak lembab serta usahakan kandang cukup luas sehingga bulu muda yang tumbuh tidak rusak karena bergesekan dg dinding kandang.
Hindarkan kandang dari sinar matahari.
Dalam seminggu akan terjadi proses perontokan bulu yg cepat.

5. Setelah mulai tumbuh bulu2 muda, ayam dimandikan smp basah, kemudian dijemur sebentar hingga bulunya kering & masukkan lagi dalam kandang yg gelap tadi.

6. Saat tumbuh bulu muda, berikan makanan beras merah yang direndam dicampur nasi. Hentikan pemberian voor.

7. Setiap 2 hari sekali, keluarkan ayam untuk dijemur sebentar dan tanpa perlu dimandikan.

8. Secara rutin, injeksi dgn vit B12 & Bcomplex setiap seminggu sekali & berikan minyak ikan 2 butir setiap hari.

Berdasarkan ulasan yang no 11 laosnya di tumbuk apa langsung & takarannya berapa?
Sebaiknya diberikan lengkuas/laos yang telah ditumbuk halus.Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pencernaan didalam tubuh unggas.
Berikan dengan porsi dan komposisi yang berimbang, 1 butir telur dicampur dg 1 ulas lengkuas.

Apakah gula merah sangat bagus untuk Nafas Ayam?
Gula merah adalah salah satu contoh produk penghasil glukosa yang berfungsi sebagai stabilisator didalam tubuh sebagai penambah stamina.Dalam kondisi yang lelah dan stres glukosa sangat baik untuk dikonsumsi oleh unggas maupun manusia.
Pada prinsipnya setiap peternak memiliki ramuan khusus yang dipercaya mampu meningkatkan stamina dan memperpanjang nafas ayam aduan.Hal ini lah yang kemudian menciptakan spekulasi yang melahirkan warna tersendiri dalam perkembangan dunia peternakan unggas.

Kalau ayam siwer matanya kemungkinan apakah bisa di obati dan bisa kembali normal penglihatan nya?
Pada prinsip dasar kesehatan,tidak ada penyakit yang tak bisa disembuhkan kecuali malas berobat dan berusaha.
Sedikit deskripsi dari kami untuk pengertian juling yang merupakan bawaan dari lahir,ayam masih bisa dipakai asal tidak menggangu kinerja tarung dari ayam itu sendiri,Coba perhatikan kornea mata ayam tersebut maz.
Kornea mata yang tidak rata alias bentuknya lonjong tidak bulat tapi merupakan bawaan lahir dan mata tetap berfungsi normal maka tidak masalah. Banyak ayam dengan ciri bawaan lahir seperti itu, biasanya kakinya warna hijau kehitaman dan sering disebut ayam galeh karena warna kaki dan mata relatif sama ( hijau kehitaman ).

Kemudian untuk mengobati sakit mata baik belekan maupun rabun dapat disembuhkan dengan getah daun kelor.Nama ilmiah tanaman kelor yaitu Moringa oleifera.Cara pemberiannya yaitu dengan meneteskan 1-2 tetes getah tanaman kelor pada mata yang sakit. Umumnya getah yang digunakan yaitu yang terdapat pada tangkai daun atau tangkai anak daun yang berukuran sedang, dan tidak terlalu tua atau muda. Setelah ditetesi, mata ayam ditutup dengan plaster selama dua hari penuh. Bila masih bengkak, ditetesi dan ditutup lagi sampai sembuh.
Atau bisa juga memakai obat tetes mata merk Cendo Xitrol yang bisa dibeli di apotik dengan harga sekitar 30 ribuan,selama pengobatan mata harus ditutup plaster selama 3 hari.

Bagaimana? Anda sudah terbantu dengan adanya Cara Mengobati Ayam yang Sakit Secara Tradisional ini? Jika anda mempunyai pengalaman yang bagus dalam mengobati ayam yang sakit tuliskan di komentar ya? Semoga bermanfaat!

Baca juga